Uncategorized

Cipok Satnite

oke, malem minggu lalu ane bareng temen seperjuangan biasa lah nongkrong, cipok ( moci sambil ndopok ). Moci semua orang Tegal udah tau yang namanya poci, apa lagi nyipok haha iya ora tegal dan sekitar suka nyipok alias moci karo ndopok. Cipok berasal dari dua kata yaitu poci dan ndopok. Poci yang dimaksud di konteks ini adalah Teh Cap Poci. Teh cap poci konon teh khas Tegal, coba klik di sini.

Bukti yang lain juga kalo kita melintasi bundaran di slawi, maka akan terlihat replika poci (teko) yang besar, selain di bundaran, replika yang lain juga terdapat di alun – alun slawi.

teh cap pocisedangkan kata ndopok adalah kata dalam bahasa tegal. jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ngobrol. apa yang diobrolkan? kata wong Tegal, ngomong ngalor ngidul . Artinya ngobrol ke sana kemari, ada saja materi untuk ngobrol.

jadi maksud dari moci karo ndopok adalah santai santai ngobrol sambil minum teh cap poci. biasanya tempat orang untuk nyipok ala Tegal adalah dipinggir-pinggir jalan raya, warung lesehan, bahkan sekarang di cafe cafe sekitar tegal sudah ada model cipok.

Nyipok lebih enak dinikmati pada malam hari, ditemani oleh mendowan tempe atau tahu atau goerang. Mendowan adalah tempe yang digoreng dan dilapisi oleh tepung terigu dan digoreng setengah matang dengan mnggunakan minyak jlantah goreng, sebelum kering di angkat, sehingga gorenganĀ  itu masih terlihat kinyis kinyis. Yang punya kolesterol tinggi tidak direkomendasikan. Imagecara penyajiannya cukup mudah, peralatan yang dibutuhkan hanya poci (teko). alat ini banyak tersedia di tegal dan sekitar. kemudian gelas, boleh gelas apa saja, tapi gelas yang terbuat dari tanah liat lebih nikmat. teh cap poci jangan lupa.

cara penyajiannya mudah,

sediakan teko, yang terbuat dari tanah liat (di bawah ini) kemudian isi dengan air panas, lalu campurkan 2 bungkus teh cap poci. tunggu 15 menit, wah pasti langsung sepet-sepet gimana gitu, nah untuk menjadi temannya, sediakan gula batu supaya rasa pahit teh lebur menjadi satu dengan gula, nah di situ lah letak nikmatnya.

Image

nah bagi anda yang inging menghabiskan malam minggu anda dengan nyipok, datanglah ke Tegal laka-laka. dan nikmati sedapnya nyipok.

Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s