e-Learning

E-Learning || Mulai membuat blog [blogspot]

langkah ke dua setelah membuat e-mail yakni membuat blog.

ada beberapa langkah dalam membuat blog agar siap digunakan. Ada beberapa blog yang free. antara lain adalah blogspot dan wordpress. tentunya bukan hanya itu saja masih banyak blog yang lain yang gratis juga, namun dua itu lah yang mempunyai rating yang tinggi di mesin pencari. Nah, sekarang kita akan menggunakan blogspot untuk membuat blognya. lakukan langkah langkah berikut.

buka internet browser anda, misalnya mozilla firefox, google chrome atau internet explorer atau sejenisnya. kemudian isi alamat pada kolom “address” di internet browser anda. isikan http://blogger.com atau langsung blogger.com juga bisa.

setelah itu muncul jendela seperti di atas. selamat anda sudah masuk di situs blogger.

kemudian muncullah halaman seperti di atas. perhatikan terdapat kolom yang mengharuskan anda untuk mengisi email dan password. Masih ingatkan?? langkah pertama kita di e-learning, yakni membuat e-mail. isikan saja alamat email atau id dan password nya di blogger, pada kolom yang sudah tersedia. contohnya bisa dilihat di bawah ini.

setalah memasukkan e-mail dan password, maka halaman berikut akan muncul.

ini adalah halaman dashboard, dimana halaman ini menampilkan blog apa saja yang sudah kita buat, dan informasi yang lainnya. Oke sekarang kita ke langkah selanjutnya klik link buat blog (lihat tulisan yang berwarna orange di atas). setelah itu akan muncul halaman berikutnya.

isi nama blog yang anda inginkan. misalnya ” e-learning sedyadiasto”. kemudian isi alamat URL yang anda inginkan.

Pengertian Dari URL – Uniform Resource Locator

blogvrman, 17 Maret 2010

Layanan yang diberikan Internet sangatlah beragam, bukan hanya berupa akses ke halaman web yang ditulis dalam format HTML saja tetapi juga beberapa layanan akses dokumen melalui FTP, Gopher, Usenet News dan sebagainya. Karena layanan yang disediakan beragam maka jenis dokumen yang disediakan beragam pula. Untuk itu diperlukan satu cara tertentu untuk bisa mengakses suatu dokumen tertentu secara tepat dan cepat. URL diciptakan untuk menjawab permasalahan ini.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa contoh berikut :

Contoh Penulisan URL 1 : Contoh URL Dari Halaman blog saya Adalah :http://www.blogvrman.blogspot.comhttp://blogvrman.blogspot.comwww.blogvrman.blogspot.com

URL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Contoh URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.[1]

 

perhatikan contoh di bawah ini.

Jika pengisian anda benar, maka akan muncul halaman sebagai berikut

pilihlah template tampilan yang anda inginkan. setelah itu klik lanjutkan. dan mulailah dengan postingan pertama anda.

selamat ^_^ anda sudah bisa membuat blog.

postingan selanjutnya akan kita bahas mengenai pengaturan tampilan dan seterusnya.

Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s