e-Learning

Membuat media pembelajaran e-Learning dengan memanfaatkan blog [1]

Membuat media e-learning susah-susah gampang kok.  stop! sebelum melangkah lebih lanjut alangkah baiknya kita tahu dulu apakah e-learning itu???

bahasa gampangnya adalah membuat pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi sebagai medianya. (sedyadiasto) ehhehe.  tekhnologi yang dimanfaatkan antara lain bisa saja komputer, DVD player, bahkan mp3 player pun jadi. ketiga gadget tadi memang sudah sering digunakan untuk media pembelajaran mata pelajaran apapun. Namun belum banyak guru yang menerapkannya.  Nah sekarang lah kita harus mulai bergerak, membuat media pembelajaran yang lebih maju untuk kebaikan bersama.

mengapa harus e-learning?

e-Learning [elektronic Learning] yang akan saya bahas adalah pembelajaran dengan memanfaatkan internet untuk media pembelajarannya. Namun jangan kita lupakan tugas kita sebagai guru adalah mengajar. yang kita utamakan adalah mengajar di kelas. jangan menyalahgunakan media ini. Berikut adalah manfaat e-Learning.

1. Dengan memanfaatkan internet kita bisa mengajar tanpa kita berada di kelas.

memanfaatkan media blog. inilah kuncinya. misalnya besok dua hari lagi kita akan menjar di kelas. namun pada saat yang bersamaan, kita di suruh mengadiri rapat atau pelatihan dan sejenisnya yang tidak mungkin kita bisa mengakadakan tatapmuka dengan siswa. Nah dengan memanfaatkan blog, kita bisa menulis materi yang akan kita berikan nanti, sehingga siswa tidak ketinggalan pelajaran.

2. Mengadakan kuis atau ulangan Online

selain materi yang bisa kita sajikan, dengan media blog kita bisa membuat ulangan online atau kuis. untuk kuis ini sebaiknya kita gunakan pertanyaan yang menggunakan pendapat atau semacamnya. bahkan siswa bisa langsung melihat hasil kuisnya.

3. Mengadakan konsultasi online

ini lah yang paling bisa kita nikmati. konsultasi online. mengapa? karena konsltasi ini tidak dibatasi oleh waktu dan tempat. bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

4. Membuat pengumuman atau sejenisnya.

Mengapa dengan blog?

blog itu mudah digunakan. Mudah untuk registrasi. dan yang paling penting adalah GRATIS.

bagaimana? tertarik untuk bergabung?

tenang saja bapak-bapak / ibu-ibu saya akan mencoba dengan sekuat tenaga membantu dan belajar. dengan ilmu saya yang sedikit ini mudah mudahan kita bisa membuat media e-Learning dengan sederhana.

Langkah pertama adalah membuat e-mail.

Haduh kok banyak bahasa yang aneh? tadi e-learning sekarang e-mail, nanti apa lagi ya? ;p Ya beginilah pak/bu, kalau kita bergelut dengan yang namanya e-Learning, nanti juga lama lama terbiasa. e-Learning sudah saya jelaskan tadi, nah sekarang adalah e-Mail.

e-Mail.

berasal dari kata Mail. Artinya adalah surat. Ditambah “e” di depannya menjadi e-Mail artinya dalah elektronic (elektronik). jadi e-Mail adalah surat elektronik.

Buat apa e-Mail?

e-Mail berfungsin nanti kalau kita akan registrasi di blog yang akan kita gunakan. karena ada verifikasi yang harus kita lakukan, yang akan dikirim ke alamat surat kita. Jadi kita semua harus mempunyai e-Mail.

Bagaimana cara buatnya?

Membuat e-Mail semudah membuka telapak tangan. Jangan takut. Banyak cara untuk membuat e-mail. Kita bisa membuat e-mail dari google, yahoo, rocket mail, dll masih banyak lagi yang bisa kita gunakan dan gratis.

oke banyak pilihan malah membuat kita semakin bingung. Saya akan mengajarkan membuat e-mail dari google. Yakni gmail.

Langkah pertama :

persiapan : komputer dan modem.

setelah komputer bapak/ibu terkoneksi, bukalah internet browsernya. Internet browser bisa menggunakan Mozilla firefox. Opera, internet explorer dll.

lalu masukkan alamat http://www.google.com pada kolom addresssnya.

setelah itu google akan muncul dan langsung saja klik gmail seperti yang ditunjukkan kursor di atas. maka akan muncul halaman sebagai berikut

langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “buat akun” yang sudah ditunjukkan oleh kursor di atas. maka halaman selanjutnya yang akan muncul adalah halaman pengisian form. isi saja sesuai dengan yang sebenarnya.

setelah mengisi formulir , , klik “saya menerima buat akun saya” seperti yang ditunjukkan kursor

maka, akan muncul halaman sebagai berikut ,

ada dua pilihan untuk memasukkan kode verifikasi akun, yang pertama adalah dengan teks kemudian pilihan keduan dengan panggilan suara (telfon). saya sarankan dengan menggunakan sms saja. masukkan nomor handphone yang masih aktif. No handphon di atas hanyalah contoh saja.

setelah mendapat sms dari google, masukkan kodenya pada kolom yang tersedia di atas. kemudian klik verifikasi.

dengan memasukkan kode verifikasi, maka langkah langkah membuat email dengan google sudah selesai ^_^. Ketika anda mengklik “tunjukkan akun saya” makah halaman ini yang akan muncul

Selamat, anda sudah bisa membuat google mail ^_^

pertemuan selanjutnya kita akan membuat langkah pertama membuat blog.

oleh Zahidi Sedyadiasto

Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s