my music

Piano

grand piano

(1) istilah kekuatan bunyi yang berarti lembut, biasa disingkat dengan huruf kecil p

(2) alat musik keyboard yang nama sebenarnya adalah piano-forte. Melalui perjalanan panjang , piano dianggap ditemukan oleh Bartholomeo Cristofori pada tahun 1709 di Florens, Italia. pada waktu itu penemunya disebut dengan vicembalo col piano e forte yang artinya harpsikord dewngan bunyi yang lembut dan kuat.

Dawai pada harpsikord berbunyi karena terpetik tidak langsung. dawai pada piano berbunyik karena  terpukul, yang bila perlu bisa segera diredam. dewasa ini, untuk piano akustik (tanpa listrik) ada dua macam bentuk dasar. bunyinya keluar dari senar-senar yang dipukul oleh palu yang dikendlaikan oleh mekanisme keyboard ini, sangat unggul dalam menghasilkan bunyi tangga nada , arpeggio, trill , pasase cepat dan oktaf. selain memiiki jangkauan lebar yang bisa menghasilkan nada mulai dari yang terendah hingga tertinggi, ia juga mampu memancarkan vitalitas ritmik luar biasa.

dewasa ini orang mengenal piano sebagai sebuah instrumen tunggal, sesuatu yang sudah sempurna, dan kategoris, beberapa pengamat menyebut piano abad ke 20 telah diubah dan dibentuk oleh beberapa pengaruh sehingga menjadi satu istiulah generik bukan spesifik. pada tahun 1911 tercatat ada 1014 pembuat piano di seluruh dunia. dari tahun ke tahun jumlah ini semakin menyusut. pada tahun 1999 di Amerika serikat hanya ada 8 perusahaan pembuat piano, yaitu Astin Weighet, Baldwin, Kawai, Piano Disc, Steinway, Story and clark, Charles Walter dan Yamaha.

Upright Piano

Upright piano , piano tegak dengan dawai yang terentang pada papannya secara vertikal. Grand piano, piano sayap, dengan dawai-dawainya  yang terentang pada papannya secara horizontal dan memerlukan tempat yang lebih luas. prepared piano, alat musik piano yang bagian dalamnya diubah atau ditambah dengan bahan-bahan kecil lain sehingga memberikan warna bunyi dan pitch yang lain. salah seorang pelakunya adlah john cage, murid dari Arnold Schoenberg.

sumber : Syafiq Muhammad. 2003. Ensiklopedi Musik Klasik. Yogyakarta.

Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s