hobby · opiniku · rubik

rubik 4x4x4

rubik 4x4x4
rubik merupakan salah satu hobi baru saya, heheh mayan udah bisa 3×3 sekarang beranjak ke 4x4x4 hehehe
pada dasarnya menyelesaikan rubik 4x4x4 sama dengan menyelesaikan rubik 3x3x3 hanya saja ada beberapa algoritma tambahan berikut adalah caranya :
Langkah 1
membuat centre terlebih dahulu. kalau kalian pernah menyelesaikan rubik 3×3 pasti tau tentang yang ini. rubik 3×3 jelas mempunyai center, tetapi berbeda dengan rubik yang satu ini. kita harus membuat cente. nah di sini ni susahnya kita musti mengingat warna warnanya. warna warna tersebut terbelakangan. contohnya merah berbelakangan dengan orange, putih dengan kuning, hijau dengan biru. warnanya harus tepat. perhatikan contoh dibawah ini
algoritma pertama untuk menyelesaikan center (arif febrianto)

algoritmanya mudah kok,, nah silahkan dicoba ya.

langkah 2
pairing edge. wuihh istilahnya susah banget. gini aja deh. kalian liat kan edge rubik 4×4 ada sepasang sepasang alias banyak edge. knp harus disamakan? karena sebenarnya penyelesaian rubik 4×4 adalah dengan metode 3×3, makanya edge nya harus disamakan dulu oke. mari kita coba

(arif()
nti dari langkah tersebut adalah menggabungkan potongan-potongan tepi kemudian ditukarkan dengan pasangan yang belum jadi. Pasangan yang belum jadi tidak harus berada pada posisi tersebut (pada gambar diatas), melainkan bisa pada pada lingkaran oranye yang lain, yang intinya sebagai penukar pasangan yang baru saja dijadikan tersebut. Misalnya pada kondisi seperti pada gambar diatas maka algoritmanya adalah u’ R U’ R’ u.

Silakan dicoba sendiri, dan tangkap apa yang terjadi. Paham kan? Photobucket Lakukan hal tersebut sampai tersisa 2 pasangan yang belum jadi. Jika sedang beruntung terkadang malah sudah jadi semua. Namun, jika masih ada 2 pasang, maka kondisikan menjadi keadaan berikut.

langkah 3
selesaikan dengan menggunakan metode 3x3x3
selamat mencoba. aku dah nyoba kok. satu hari kelar. satu hari udah bisa 11 menit yu coba


Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s