opiniku

Notasi Musik [opiniku] [part 2]

Target kita (penulis dan pembaca) kali ini adalah mengenalkan notasi balok kepada manusia berusia 13 tahun. boleh dikatakan anak-anak lah, yang masih lugu belum tersentuh hal yang macem-macem halah ngelantur. maksud saya pengetahuan mereka dalam bidang teori musik masih belum cukup luas.

baiklah kita mulai dengan menentukan target yang lebih spesifik lagi dari hanya “mengenalkan notasi balok”. cobalah kita lebih mengerucut lagi. oke oke daripada dipikir mumet saya kasih contoh saja hehehe.

langkah pertama mengenalkan notasi balok (ala sedyadiasto diaz) mmmmm adalah peserta didik harus dikenalkan dengan yang namanya bentuk notasi. mengapa harus bentuk notasi? mudah saja, coba ingat-ingat kembali pelajaran bahasa Indonesia waktu kita SD, yang dikenalkan adalah hurufnya terlebih dahulu, “huruf A itu bentuknya seperti ini anak-anak” kata guru SD ku, hohoh masi ingat. saya rasa sama saja dengan musik. kita contohkan kepada mereka bahwa notasi itu terdiri dari beberapa bagian, kepala, tangkai dan bendera tambahi lagi kalau masih ada ;p kepala itu bentuknya bulat telur dan harus condong ke kanan. dicontohkan pula pekerjaan yang salah (condong ke kiri) kemudian jelaskan bahwa ini adalah contoh yang salah.

kemudian lanjut pada tangkai, tangkai itu bentuknya memanjang ke atas (normalnya. kalau sudah berada pada sangkar nada akan berbeda tergantung letak pada garisnya). kemudian contohkan pada anak-anak cara menuliskannya.

lanjut ke bendera, bendera itu letaknya di ujung tankai, menghadap ke kanan. dll
diterangkan secara runtut. setelah itu, jangan terburu-buru untuk lanjut ke materi selanjutnya, lalu ngapain???

evaluasi!!
coba cek peserta didik. apakah dari ketiga bagian (kepala, tangkai, bendera) tadi sudah masuk dalam otaknya? heehe, cobalah buat beberapa quiz. atau tunjuk salah satu atau salah dua atau salah tujuh untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bentuk notasi.

sebagai nilai tambah (untuk pengajar) cobalah menggunakan alat bantu, misalnya membuat gambar yang unik dengan menggunakan kertas manila dll.

selamat mencoba untuk kita semua.
salam

Mari ngobrol ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s