Hampir setiap daerah di Indonesia terdapat lagu permainan pergaulanyang biasa digunakan sebagai media bermain anak-anak.
lagu -lagu permainan pergaulan ini di steiap daerah memiliki keunikannya sendiri. misalnya lagu cublak-cublak suweng di Jawa Tengah dan Jawa Timur digunakan anak-anak untuk bermain cublak-cublak suweng.

Anak-anak di Jakarta mengenal lagu permainan Ular naga. ketika bermain ular naga, anak-anak berbaris panjang sambil berpegangan pada baju temannya. di Sunda dikenal lagu Tokecang, lagu Cingciripit dan lagu Cacaburange. lagu-lagu permainan anak ini basanya memiliki lirik lagu yang pendek dan bersifat jenaka.

Di Maluku dikenal lagu rasa sayange, bahkan lagu permainan pergaulan ini sudah menjadi lagu yang dikenal hambir di seluruh pelosok Nusantara.

selain lagu rasa sayange, lagu Ayo Mama dari Maluku juga sudah dikenal luas masyarakat kita. lagu ini pun sering digunakan untuk permainan dalam acara-acara kepramukaan, bahkan llirik lagunya sering kali disesuaikan dengan acara yang diadakan.

About these ads